Sabtu, 16 Juni 2012


Akuntansi Keuangan (Financial Accaunting)
Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatuperusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham. Hal penting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan di dalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Dengan demikian, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasimelalui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK. SAK ini mulai diterapkan di Indonesia pada 1994, menggantikan Prinsip-prinsi Akuntansi Indonesia tahun 1984.
-LIABILITAS (bahasa Inggris: liability) adalah utang yang harus dilunasi atau pelayanan yang harus dilakukan pada masa datang pada pihak lain. Liabilitas adalah kebalikan dari aset yang merupakan sesuatu yang dimiliki. Contoh liabilitas adalah uang yang dipinjam dari pihak lain, giro atau cek yang belum dibayarkan, dan pajak penjualan yang belum dibayarkan ke negara.
Istilah liabilitas diadopsi dari bahasa Inggris liability untuk menggantikan istilah sebelumnya, kewajiban. Kini kata kewajiban digunakan untuk merujuk pada istilah bahasa Inggris obligation.
Liabilitas dimasukkan dalam neraca dengan saldo normal kredit, dan biasanya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:
1.     Liabilitas jangka pendek - liabilitas yang dapat diharapkan untuk dilunasi dalam jangka pendek (satu tahun atau kurang). Biasanya terdiri dari utang pembayaran (hutang dagang, gaji, pajak, dan sebagainya), pendapatan ditangguhkan, bagian dari utang jangka panjang yang jatuh tempo dalam tahun berjalan, obligasi jangka pendek (misalnya dari pembelian peralatan), dan lain-lain.
2.     Liabilitas jangka panjang - liabilitas yang penyelesaiannya melebihi satu periode akuntansi (lebih dari satu tahun). Biasanya terdiri dari utang jangka panjang, obligasi pensiun, dan lain-lain.
-PENGERTIAN EKUITAS
Ekuitas merupakan besarnya kepentinga/hak pemilik perusahaan pada harta perusahaan. Jika kita ingat kembali persamaan dasar akuntansi, sisi kiri merupakan harta dan sisi kanan merupakan hutang dan ekuitas. Sisi kiri merupakan sumber daya yang dikuasai perusahaan sedangkan sisi kanan menunjukan besarnya pemilik atas harta perusahaan disebut ekuitas.

 

Akuntansi Umum (General Accaunting)

,

What Is General Accounting? thumbnailApa itu Akuntansi Umum?
Setiap orang tua atau pemimpin organisasi harus berurusan dengan mengelola finansial dari beberapa macam. Apakah itu rekening tabungan pribadi, bisnis rekening giro atau tagihan untuk jasa yang dilakukan, kita semua harus berpikir tentang bagaimana kegiatan keuangan mempengaruhi garis bawah. Umum akuntansi cocok untuk beberapa prinsip dasar dan tujuan. Sebelum Anda menyewa seorang akuntan, ada beberapa fakta Anda harus tahu tentang akuntansi umum dan prinsip-prinsip di belakangnya.

Latar belakang

·                     Akuntansi dapat dibagi menjadi beberapa kategori termasuk akuntansi pemerintah, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan dan akuntansi umum. Kategori ini mencerminkan jenis kegiatan dan standar yang terkait dengan koleksi, presentasi dan dokumentasi laporan keuangan. Semua kategori akuntansi beroperasi di bawah spesifik, prinsip-prinsip peraturan dan hukum.

Identifikasi

·                     Akuntansi umum, seperti namanya, berkaitan dengan pengumpulan dan buku besar aktivitas account umum termasuk debit dan kredit (yaitu, biaya rekening) serta bagaimana laporan keuangan didokumentasikan untuk tahun fiskal atau kalender. Kegiatan ini berkaitan dengan kegiatan umum yang terkait dengan badan usaha akun, atau organisasi termasuk usaha pemerintah dan nirlaba. Sebuah account umum tidak menawarkan sub-kategori informasi tentang manajemen.

Makna

·                     Tidak seperti kategori akuntansi lainnya, akuntansi umum berkaitan dengan badan usaha secara keseluruhan versus subkelompok tertentu dalam entitas tersebut. Menggunakan sistem akuntansi, akuntan umum akan meninjau dan menyiapkan pajak dan memeriksa apa potongan pajak yang tersedia. Berdasarkan tahun kalender, debet dan kredit yang dilakukan selama tahun itu dan jenis bisnis atau organisasi, seorang akuntan umum akan menyediakan klien dengan layanan-layanan berikut: laporan keuangan termasuk laba rugi dan laporan neraca, buku besar umum, laporan bank dan triwulanan laporan. Layanan untuk usaha kecil termasuk persiapan pajak termasuk gaji, negara, penjualan dan pajak lain yang berlaku.

Pertimbangan

·                     Semua akuntan umum harus menunjukkan obyektivitas - semua data keuangan harus faktual dan tidak terganggu, termasuk semua catatan keuangan dan laporan. Informasi lain yang berkaitan dengan jasa konsultasi harus diserahkan kepada semua orang yang berlaku dalam jumlah waktu yang wajar. Seorang akuntan harus menggunakan praktek-praktek yang sama secara konsisten (tahun ke tahun). Seorang akuntan harus bertindak dalam kepentingan terbaik pemegang rekening dan / atau badan usaha.

Peringatan

·                     Akuntansi umum tunduk pada Prinsip Akuntansi yang berlaku umum (GAAP) dan harus mengikuti semua hukum akuntansi seperti yang diarahkan. GAAP didirikan untuk membakukan prinsip akuntansi dasar dan menerima untuk semua bisnis publik dan swasta, organisasi dan lembaga pemerintah. Semua akuntan tunduk pada prinsip konsistensi, akurasi dan komparatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roney Andrey

Buat Lencana Anda